10 February 2015

Cara Membuat Ilustrasi Proyeksi Isometrik Dengan CorelDRAW

Proyeksi Isometrik adalah sebuah metode untuk representasi visual dari benda 3 dimensi dalam 2 dimensi, atau bahasa gampangnya adalah gambar yang awalnya 2 Dimensi seolah-olah nampak seperti gambar 3 dimensi dan perlu diketahui isometrik tidak mengenal perspektif jadi tidak ada titik mata atau titik hilang. Kalau sudah biasa dengan aplikasi 3 dimensi kita tidak perlu repot-repot, misal kita menggunakan AutoCad, begitu mudahnya kita membuatnya.

Sebagai contoh gambar dibawah ini, untuk membuat tampilan isometrik kita tinggal menentukan tampilan dilihat dari sisi sebelah mana dengan tekan tombol perintah SW Isometric, SE Isometric, NE Isometric, NW Isometric:



dan untuk membuat objek 3 dimensi, kita menggunakan perintah Extrude, dan misal kita akan memisah menjadi beberapa objek kita cukup tekan perintah Explode, dan objek akan terpisah, dibawah ini objek yang sudah terpisah apabila digeser ke samping

Ok, tutorial kali ini kita bahas bagaimana cara membuat Ilustrasi Proyeksi Isometrik menggunakan CorelDRAW, langkahnya sebagai berikut;

CARA PERTAMA

1. Langkah awal kita membuat grid isometrik dulu, sebelum memulai kita aktifkan dulu menu Snap To Objects atau bisa dengan cara tekan tombol Alt+Z di keyboard, selanjutnya aktifkan menu  Object Manager yaitu pada menu Window > pilih Object Manager, kemudian pada Object Manager pilih Guides;



2. klik tahan geser (istilah pada komputer disebut drag) layer Guides dan tempatkan dibawah Layer 1 dan lepas, sehingga posisi Guides terletak dibawah Layer 1;


3. Dobel klik pada warna outline biru dan ubah dengan warna yang agak terang, misalnya biru muda agar tidak begitu berpengaruh pada pekerjaan kita.



4. Selanjutnya kita membuat grid isometrik, untuk membuatnya kita memanfaatkan objek polygon 6 sudut, klik menu Polygon tool di Toolbox pada Property Bar > Points or sides isi dengan angka 6, kemudian arahkan mouse ke area kerja CorelDRAW, sambil menekan tombol Ctrl di keyboard drag kearah diagonal (kanan bawah) sehingga akan terbentuk objek segi enam yang panjang setiap sisinya sama, pada Object Manager terlihat seperti ini;



5. Hasilnya gambar seperti dibawah ini, tampilan gambar akan terlihat warna biru;


6. Kita masih bekerja pada layer Guides. Pada Menu Edit pilih Duplicate atau Ctrl+D di keyboard untuk menggandakan objek polygon segi 6, dan geser salah satu node kedalam dengan Shape tool di Toolbox;



7. Geser sampai pada posisi center, sehingga membentuk objek polygon 6 sudut dan didalamnya ada segitiga berjumlah 6;



8. Objek tersebut ilustrasinya seperti ini, yaitu setiap sudut mempunyai dimensi 60 derajat, yang nantinya sebagai patokan membuat grid yang mengacu pada sumbu X, Y, Z

9. Langkah selanjutnya Combine atau Ctrl+L di keyboard kedua objek tersebut, dan gandakan menggunakan perintah Transformations, sampai membentuk grid sesuai dengan kebutuhan, hasilnya seperti gambar dibawah ini;


10. Setelah selesai, klik pada icon pencil (Lock or Unlock) untuk mengunci objek grid yang telah kita buat;


10. Selanjutnya kita sudah bisa berkreasi membuat gambar isometrik diatas grid yang sudah kita buat tersebut dengan Freehand tool sebagai alat menggambar, sebagai contoh seperti dibawah ini;


11. Atur warna sesuai dengan gelap terang, seakan-akan kita atur dengan arah dimana cahaya datang;


12. Buat juga objek-objek yang lain sesuai dengan kreativitas panjenengan;


13. Sehingga kalau disusun akan menghasilkan gambar tampilan 3 dimensi, padahal kita menggambar 2 dimensi, tampilannya seperti gambar dibawah ini;


14. Apabila kita sudah selesai dalam menggambar desain 3d isometrik tersebut, kita bisa, menghapus grid atau cukup disembunyikan saja, dengan cara klik pada icon mata sehingga yang sebelumnya melek menjadi merem;



Demikian cara menggambar objek isometrik menggunakan grid,

CARA KEDUA

kita juga bisa menciptakan objek isometrik tanpa menggunakan grid, dengan cara seperti dibawah ini, perintah yang dipakai adalah Transformations, letaknya pada Menu Arrange/Object > Transformations, suatu misal kita akan membuat objek kubus, langkahnya sebagai berikut:

1. Untuk tampak kiri kita buat objek kotak dengan Rectangle tool di Toolbox untuk membuat bujursangkar (kotak sama sisi) sambil pencet tombol Ctrl di keyboard;


2. Kecilkan 86.062%  (sumbu: y) dengan perintah Transformations > Scale and mirror



3. Atur kemiringan 30° dengan perintah Transformations > Skew



4. Putar objek -30° dengan perintah Transformations > Rotate



5. Buat objek lagi yang sama untuk tampak atas dan kanan, detailnya seperti dibawah ini;


6. Ketiga objek tersebut kalau digabung menjadi satu hasilnya akan seperti gambar dibawah ini;


7. Cara diatas juga berlaku untuk objek-objek yang lain seperti lingkaran, poligon dsb:


 8. Bahkan objek yang lebih spesifik, sebagai contoh seperti gambar dibawah ini, prosesnya sesuai dengan urut nomor;


Detail jadinya seperti gambar dibawah ini;



9. Demikian semoga bermanfaat, salam vector. Dibawah ini adalah contoh gambar vector menggunakan metode proyeksi isometrik;

    source image: Eucol



Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

34 comments:

  1. Keren mas zainoel
    Tutorialnya sangat mudah untuk dimengerti

    ReplyDelete
  2. semoga mas zainoel masuk surga.. amin. ilmunya ingsaallah bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. wuih, kerennya kebangetan.
    belum pernah gambar 3D kayak gini

    ReplyDelete
  4. keren sangat mbah....matur suwun mbh.. B|

    ReplyDelete
  5. Mbah isometrik corel ini bisa dijadikan patokan menggambar denah rumah seperti autocad lakukan ?.. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. membuat grid seperti cara kesatu atau dengan diubahnya ukuran objek pada sumbu Y menjadi 86.062% dan seterusnya seperti cara kedua sudah sama persis seperti SW Isometric pada AutoCad 3D

      Delete
  6. seubhanalloh.. semoga Alloh memebrikan ganjaran dengan pahala berlimpah.. ilmu nya sudah banyak yang saya serap mbah..

    ReplyDelete
  7. mantap banget mbah.
    kalau menggambar dengan teknik ini hasilnya keren mbah.
    terima kasih atas ilmunya.

    ReplyDelete
  8. Mantap bgt mbah, layak untuk mndpatkan imbalan dr kami

    ReplyDelete
  9. gan request bikinin tutor membuat siluet seperti logo wonderful indonesia

    ReplyDelete
  10. Terima kasih mbah zainoel :D :D MANTAB :D

    ReplyDelete
  11. amazing ....ilmu yang suangat bermangpaat. trims banget b zainoel

    ReplyDelete
  12. Tak dungakno mlebu suwargo mbah..آمِيـنَ

    ReplyDelete
  13. yg ngerubah tampilan seperti di gambar gitar masih agak bingung, mohon pencerahannya dong

    ReplyDelete
  14. Udah sy coba, menarik sekali hasilnya

    ReplyDelete
  15. Udah sy coba, menarik sekali hasilnya

    ReplyDelete
  16. Mbah itu yang pengecilan sumbu y 86.062 % apa ada rumus perhitunganya?

    ReplyDelete
  17. Ini baru master....
    Maksh mbah...:-)

    ReplyDelete
  18. WAW, Aku terkejut gan. Tenyata orang indo gak kalah dari orang luar.

    ReplyDelete
  19. Mantap sekali gan.... makasih tutorial nya... setelah di praktek kan al hasil bisa... Sukses selalu gan.
    karimunjawa 2 orang

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus