22 February 2017

Cara Menghapus Tanda Tangan Diatas Stempel Dengan CorelDRAW

Di Komunitas Pengguna CorelDRAW Indonesia (KPCI) sampeyan bertanya mbah Djojo menjawab... seperti ini pertanyaan dari saudara Galuh Deva, kayaknya ini mau buka kotak pandora di bank swiss,, hehe..
asslmkm .. mw tanya bagaimana caranya mengilangkan tanda tangan pada cap stempel di corel ..tks
Gambarnya:


Jawab:

Sebagai pengguna CorelDRAW pemula saudara sekalian pasti akan heran bahwa kasus seperti ini bisa di kerjakan di CorelDRAW Graphics Suite X7 atau dikerjakan dengan versi diatasnya pun sangat bisa, bahkan versi dibawahnya juga bisa untuk menghapus tanda tangan tanpa menghilangkan stempel. Sebagai contoh hasil editannya seperti dibawah ini:


Sebenarnya kasus seperti ini sudah berulang kali dibahas, tapi tidak apa-apa ibaratnya sekolahan, murid baru bermunculan dan murid lama sudah pada mahir dan gak tau dimana rimbahnya.

Oke kita mulai, jangan lupa gelar tikar.

1. Caranya cukup sederhana, pastikan semua komponen yang ada di CorelDRAW Graphics Suite X7 terinstal (versi X7 karena tutorial ini aku menggunakan itu).

Buka program atau aplikasi CorelDRAW, Import gambar dengan pencet Ctrl+I di keyboard, pilih gambar di komputer yang akan di edit dan klik OK, hasilnya seperti gambar dibawah ini. Di CorelDRAW lo ya bukan aplikasi desain yang lain, karena pertanyaannya di COREL bukan SOTO.


2. Langkah selanjutnya seleksi objek gambar dengan klik pada gambar, kemudian di Property Bar pencet tombol Edit Bitmap...


3. Sehingga Corel PHOTO-PAINT X7 terbuka, ini bukan sulapan lo, istilahnya nabok nyilih tangan (pukul pinjam tangan) jadi tetap bekerja dengan CorelDRAW tapi pinjam aplikasi lain untuk mengedit yaitu Corel PHOTO-PAINT


4. Di Toolbox (Toolbox-nya Corel PHOTO-PAINT maksudnya) pilih Clone tool, di Proprty Bar pilih jenis Shape dan atur juga ukurannya, arahkan mouse pada area gambar dekat tanda tangan dan klik sehingga akan muncul pointer berbentuk bulat selanjutnya geser dan arahkan mouse ke target yaitu daerah gambar yang ada tanda tangannya dan klik, sehingga terbentuk bulat lagi, sehingga menjadi dua yang satu ada tanda (+), langkah selanjutnya pencet, tahan dan geser geser saja mouse untuk cloning target yaitu tanda tangan dengan area kosong di atasnya itu.


5. Lakukan sampai selesai, caranya tidak jauh berbeda dengan menu Clone Stamp di Photoshop... gempil kan..?


6. Langkah selanjutnya pencet tombol Save (tombol save yang di Corel PHOTO-PAINT lo ya), dan tutup aplikasi  Corel PHOTO-PAINT


7. Ketika kita kembali ke CorelDRAW gambar bitmap (basis pixel: foto maksudnya bukan vector) sudah berubah menjadi stempel yang tidak ada tanda tangannya



8. Dan kita bisa mengolah atau menambah objek apa saja di CorelDRAW, misanya akan menambah teks tanda tangan baru, tinggal ketik saja di atas stempel disini aku menggunakan jenis font Autograf. Seperti dibawah ini contohnya.


Demikian semoga cepat cair harta karun-nya.. ya.. wkwkwk....
Baca juga:


Author : Zainoel Arifin Isa'i

Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas/ freelance yang bermarkas di sudut ruang kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng gunung Arjuno. Bagi Anda yang suka bertualang kunjungi juga blog Bertahan hidup di alam liar disitu banyak petunjuk (Facebook : -Mbah Djojo- )

15 comments:

  1. Itu gambar stmpelnya ga kehapus tho mbah? Atau seleksinya harus hati2 jangan smpe kena gambar stempel?

    ReplyDelete
  2. Baru tau saya...mantab mbah ilmunya...

    ReplyDelete
  3. wuahahahaha keren pak dhe,,,,,,,, anda memang wuaaaarrrrbiyaaasaaahhhhhh

    ReplyDelete
  4. Sangat membantu, maturnuwun..

    ReplyDelete
  5. sangat membantu gan dari dulu ane biasanya hilangin tanda tanga pake photoshop
    http://www.freedesaincorel.ga

    ReplyDelete
  6. mantap, ahli nya gan, setau ane kalau urusan desain gini pasti nya emang ud ada bakat coz kalau tdk ada bakat sudah belajar nya gan, btw trims sudah sharing gan, yang mau main taruhan bola yuk segera daftar

    ReplyDelete
  7. neng aku kok yo mumet yo. pingin kreatiuf bikin logo perusahaan kok yo angel. mbok yo ditulungi to mas

    ReplyDelete
  8. maksutnya kalau bisa dibantu untuk desain logo nya mas

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus