27 May 2014

Mengisi Material Objek Dengan Texture Fill di CorelDRAW

Tekture Fill merupakan sub menu dari Fill Tool yang berfungsi untuk mengisi material texture apa saja pada objek yang belum ada warna atau isinya, bahkan sampeyan bisa membuat custom fill atau membuat texture sendiri yang tidak ada pada texture library, misalnya tektur wood, metal, grass, sky dsb;

Cara menggunakan Texture Fill  sebagai berikut. Misalnya sebagai contoh seperti gambar hasil akhir seperti dibawah ini, langkahnya sebagai berikut;


1. Import dari komputer atau ambil dari internet gambar langit pada malam hari untuk background;


2. Buat lingkaran dengan Ellipse tool;


3. Pada Toolbox klik menu Fill tool > pilih Texture Fill, sehingga akan tampil kotak dialog Texture Fill;


4. Cari pada Texture library, texture yang kita kehendaki, misalnya kita pilih texture Satelite Photography, klik OK setelah pengaturan selesai;


5. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini;


6. Kemudian pada Menu Bitmaps lakukan Convert To Bitmap gambar tersebut;


7. Selanjutnya Edit Bitmap, untuk akses ke Corel PHOTO-PAINT;


8. Pada Corel PHOTO-PAINT > Menu Bar > Effects > Custom > pilih Bump-map...


9. Pada kotak dialog Bump Map atur Scaling;


10. Atur juga pada Surface dan Lighting;


11. Hasilnya akan seperti ini, selanjutnya pijit tombol Save di STandard bar atau bisa tekan Ctrl+S untuk langkah cepat, dan tutup aplikasi Corel PHOTO-PAINT, kita kembali ke CorelDRAW


12. Selanjutnya pada CorelDRAW > Menu Bar > Bitmaps > 3D Effects > pilih Sphare, yang bertujuan untuk membuat efek globe seperti dibawah ini;


13. Buat objek lingkaran baru seperti pada langkah no 1, beri warna hitam dan beri efek Transparency;


14. Objek bitmap yang sudah kita buat tadi beri efek bayangan, caranya tekan tombol Alt di keyboad klik pada objek diatasnya dan klik lagi sampai terseleksi objek yang dimaksud baru kemudian beri efek bayangan dengan Drop Shadow tool di Toolbox;


15. Sehingga hasil akhir seperti gambar dibawah ini;


Demikian monggo dicoba, semoga bermanfaat;


Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

5 comments:

  1. knp klo convert selau pake resolusi 72 ,dan color mode menggunkan RGB color mbah

    ReplyDelete
    Replies
    1. color mode RGB resolusi 72 DPI itu standar Internet

      Delete
    2. dan kalau sampeyan mau menggunakan desain untuk keperluan di cetak gunakan color mode CMYK dan resolusi tinggi (300dpi keatas)

      Delete
  2. waw... keren... bisa jadi bumi....

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus